Ducati Diminta Rekrut Marc Marquez

Alberto Vergani menekankan urgensi bagi Ducati untuk merekrut Marc Marquez ke tim pabrikan jika ia mencapai kesuksesan pada musim mendatang.

Alberto Vergani menekankan urgensi bagi Ducati untuk merekrut Marc Marquez ke tim pabrikan jika ia mencapai kesuksesan pada musim mendatang.

Seorang mekanik Gresini Racing usai melakukan pemanasan motor Marc Marquez di depan garasi saat Tes MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Enjang Pramudita

Keberhasilan Marc Marquez dalam sesi tes resmi MotoGP di Valencia bersama tim Gresini Racing memunculkan harapan dan prediksi positif terkait performanya di musim mendatang. Jika prediksi ini menjadi kenyataan, beberapa pihak meminta Ducati untuk mengamati potensi Marquez dan berupaya merekrutnya ke tim mereka.

Prestasi gemilang Marquez selama bertahun-tahun bersama Honda, termasuk meraih delapan gelar juara dunia, membuatnya menjadi salah satu pembalap paling diincar di dunia balap motor. Meskipun telah berjuang dengan cedera serius, ketika kembali ke lintasan dengan performa yang mengesankan, banyak yang meyakini bahwa Marquez dapat membawa dampak positif bagi timnya. Oleh karena itu, Ducati dianggap sebagai destinasi yang ideal untuk Marquez berlanjut dengan kariernya, dan saran untuk merekrutnya pun mencuat sebagai opsi yang menarik.

Keputusan Marc Marquez untuk menghabiskan musim 2024 bersama tim Gresini Racing menarik perhatian banyak pihak. Pembalap juara dunia delapan kali ini memberikan sinyal positif terkait performanya dengan finis keempat dalam sesi tes MotoGP di Valencia beberapa bulan lalu. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Marquez mampu bersaing secara kompetitif, bahkan mengungguli beberapa pembalap terkemuka lainnya.

Keberhasilan Marquez di sesi tes menjadi pembuktian bahwa kepulangannya setelah mengalami cedera serius tidak merusak kemampuannya dalam mengendarai motor. Para pengamat dan pecinta MotoGP pun mulai menyuarakan pandangan positif terkait potensi kebangkitan Marquez di musim mendatang. Melihat prestasinya yang telah mengukir sejarah bersama Honda, banyak yang penasaran dengan dampak yang bisa dia ciptakan bersama Gresini Racing dan bagaimana hal itu dapat memberikan warna baru pada dinamika persaingan MotoGP.

Antusiasme terhadap Marc Marquez semakin meluas, dengan banyak pihak yang mulai menaruh harapan besar pada penampilannya di musim depan. Bukan hanya sekadar meraih kemenangan dalam balapan, namun juga meramaikan persaingan dalam perebutan titel juara. Marquez, dengan rekam jejak impresifnya, menjadi sorotan utama sebagai salah satu penantang serius di grid MotoGP.

Berdasarkan hasil-hasil tes terbaru di Valencia, Marquez menunjukkan potensinya untuk bersaing di papan atas. Keberhasilannya mengatasi keraguan awal terkait gaya balapnya dengan motor Ducati memberikan optimisme tambahan bagi penggemar dan pengamat balap motor. Spekulasi pun mulai muncul mengenai peran dominan yang dapat dimainkan Marquez di tengah persaingan yang semakin sengit di MotoGP.

Marc Marquez dari Spanyol dan Gresini Racing MotoGP melewati tikungan saat Tes MotoGP di Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Pertanyaan mengenai apakah Marquez dapat menciptakan keajaiban dengan Gresini Racing dan sejauh mana ia dapat meramaikan perebutan gelar juara menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan pecinta MotoGP. Dengan berbagai kejutan dan tantangan yang mungkin muncul di sepanjang musim, penampilan Marquez akan menjadi sorotan utama dan menambah daya tarik dalam setiap seri balapan.

Sementara keberhasilan Marc Marquez bersama Gresini menjadi sorotan utama, masa depannya menciptakan beragam spekulasi dan diskusi di kalangan penggemar MotoGP. Beberapa opsi yang mencuat termasuk kemungkinan kembali ke Honda, bergabung dengan KTM, atau merintis petualangan baru bersama Aprilia atau Ducati.

Spekulasi mengenai potensi kepindahan Marquez ke berbagai tim dan pabrikan menambah ketegangan dan kegembiraan di dunia balap motor. Penggemar dan analis balap motor mulai mencoba membayangkan bagaimana Marquez akan beradaptasi dengan berbagai tim dan motor, serta bagaimana hal itu dapat memengaruhi dinamika persaingan di MotoGP.

Selain itu, pertanyaan mengenai strategi tim dan apakah Marquez akan tetap menjadi faktor dominan di papan atas juga menjadi perdebatan menarik. Semua aspek ini menambah lapisan kompleksitas dan ketidakpastian di sekitar karier Marc Marquez, menciptakan antisipasi tinggi menjelang musim-musim mendatang.

Manajer Danilo Petrucci, Alberto Vergani, dengan yakin menyatakan bahwa Marc Marquez akan menunjukkan kecemerlangan di MotoGP. Namun, ia juga mengingatkan Ducati untuk tidak kehilangan Marquez jika performanya menjanjikan di musim mendatang.

Alberto Vergani dari Italia (manajer Danilo Petrucci) berbicara dengan jurnalis di pit selama MotoGP Austria di Red Bull Ring pada 13 Agustus 2021 di Spielberg, Austria. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

"Saya yakin Marquez akan membuat banyak orang terkesan, itu akan menjadi pertunjukan yang menarik. Senyumannya di Valencia memiliki makna lebih dari sekadar kata-kata," ujar Vergani dalam wawancaranya dengan GPOne.

Vergani menyatakan bahwa jika Marc Marquez mengalami kesuksesan dalam musim mendatang, Ducati harus segera merekrutnya ke tim pabrikan. Hal ini dikarenakan kemungkinan adanya sponsor yang terlibat, yang akan mendorong ke arah rekrutmen tersebut.

"Dalam mengenal Gigi [Dall'Igna, bos Ducati], saya rasa dia tidak akan ingin kehilangan seorang juara seperti Marc hanya setelah satu tahun menunggangi Desmosedici, terutama mengingat persaingan dengan tim seperti Honda dan KTM yang juga berkeinginan untuk mendapatkannya," tambah Vergani.