Ducati Untung Kedatangan Marquez

Claudio Domenicali yakin kedatangan Marc Marquez ke Ducati akan memberikan keuntungan besar, baik untuk pengembangan motor maupun para pebalap tim.

Claudio Domenicali yakin kedatangan Marc Marquez ke Ducati akan memberikan keuntungan besar, baik untuk pengembangan motor maupun para pebalap tim.

Sepeda baru Marc Marquez di dalam garasinya saat Tes MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Kedatangan Marc Marquez di tim Ducati diharapkan membawa dampak positif dan keuntungan bagi pabrikan Borgo Panigale. Marquez, yang sebelumnya bersama Honda, menjadi perbincangan utama ketika memutuskan untuk pindah ke Gresini Racing, tim satelit Ducati, untuk MotoGP musim 2024. Keputusan ini memicu harapan bahwa Marquez akan membawa pengalaman dan keahliannya ke dalam stabilitas dan performa motor Ducati.

Sebagai pembalap dengan enam gelar juara dunia di kelas utama MotoGP di bawah namanya, Marquez dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam sejarah olahraga ini. Keterampilannya dalam menaklukkan motor yang berbeda dan adaptasi cepatnya terhadap perubahan teknis membuatnya menjadi aset berharga bagi setiap tim. Dengan beralih ke Ducati, banyak yang mengantisipasi bahwa Marquez akan memberikan kontribusi besar dalam pengembangan motor dan strategi tim untuk meraih kesuksesan di lintasan.

Pertukaran ide dan pengalaman antara Marquez dan Ducati diharapkan dapat menciptakan sinergi yang positif, menghadirkan kombinasi yang kuat antara bakat pembalap dan inovasi teknis pabrikan. Kehadiran Marquez di tim tersebut menjadi langkah ambisius bagi Ducati dalam meraih prestasi lebih tinggi di kejuaraan MotoGP dan memperkuat posisi mereka sebagai pesaing utama di grid balap motor kelas utama.

Saat mengambil bagian dalam sesi uji coba perdana dengan motor Ducati Desmosedici GP23, Marc Marquez segera menunjukkan hasil yang mengesankan. Wajahnya yang berseri-seri dan penuh semangat saat turun dari motor mengisyaratkan bahwa pembalap asal Ilerda ini merasa nyaman dan puas dengan performa Ducati.

Marc Marquez dari Spanyol dan Gresini Racing MotoGP melewati tikungan saat Tes MotoGP di Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Hasil positif ini memberikan optimisme kepada para penggemar dan pengamat MotoGP bahwa The Baby Alien, julukan Marquez, memiliki potensi untuk kembali ke performa terbaiknya. Kembali meraih gelar juara dunia menjadi target yang realistis bagi Marquez, dan keberhasilannya bersinar saat sesi uji coba menjadi indikator positif untuk kampanye balap yang akan datang.

Dengan adaptasi yang cepat terhadap motor Ducati dan dukungan penuh dari tim Gresini Racing, Marquez diharapkan dapat bersaing di puncak klasemen dan memberikan persaingan sengit di lintasan. Antusiasme yang mengelilingi penampilan awalnya bersama Ducati menciptakan ekspektasi yang tinggi dan memperkuat keyakinan bahwa Marquez dapat menjadi faktor kunci dalam perburuan gelar juara MotoGP.

CEO Ducati Corse, Claudio Domenicali, meyakini bahwa kedatangan Marc Marquez ke tim Ducati akan membawa keuntungan besar, tidak hanya untuk perkembangan motor Desmosedici, tetapi juga untuk para pebalap timnya. Dalam wawancara dengan Marca, Domenicalli menyatakan keyakinannya bahwa Marquez akan menjadi sekutu berharga bagi Ducati.

Menurut Domenicalli, observasi terhadap gaya mengemudi Marquez akan memberikan wawasan yang berharga dalam pengembangan motor. "Marc akan menjadi sekutu kami sehingga kami mendapat keuntungan besar dengan melihat bagaimana ia mengendarai motornya," ungkapnya. Kehadiran Marquez di tim dianggap sebagai sumber inspirasi dan referensi yang berharga untuk meningkatkan kinerja para pebalap Ducati.

Domenicalli juga meyakini bahwa filosofi berbagi data di tim akan menjadi kekuatan yang signifikan. Performa dari pebalap-pebalap seperti Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marco Bezzecchi diharapkan akan meningkat seiring dengan adanya kolaborasi dan pertukaran informasi dengan Marquez. Filosofi ini dianggap akan membantu tim dalam menghadapi tantangan-tantangan di lintasan dengan lebih baik.

Dalam pandangan Domenicalli, Marquez akan menjadi kandidat kuat untuk meraih kemenangan dan bersaing dalam perebutan gelar juara dunia. Keyakinannya terhadap potensi Marquez menciptakan atmosfer positif di tim Ducati, dengan harapan bahwa kerja sama yang erat ini akan menghasilkan hasil yang mengesankan di musim MotoGP yang akan datang.

Bagi Claudio Domenicalli, kehadiran Marc Marquez di tim Ducati dianggap sebagai ancaman yang signifikan bagi para pebalap Ducati yang sudah ada. Meskipun diakui bahwa ini akan menjadi tantangan berat, namun Domenicalli melihatnya sebagai suatu tontonan yang sangat menarik bagi para penggemar MotoGP di seluruh dunia.

Claudio Domenicali dari Italia dan CEO Ducati Motor Holding berbicara selama pra-acara Konferensi Pers Luar Biasa Ducati pada 21 Oktober 2021 di Misano Adriatico, Italia. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

"Banyak penggemar yang ingin melihat Marc bersama Ducati, tetapi bagi kami, ini akan menjadi sesuatu yang menantang," tambah Domenicalli. Kehadiran Marquez di tim menimbulkan ekspektasi dan ketertarikan besar dari para penggemar balap motor, yang penasaran dengan bagaimana pebalap hebat seperti Marquez akan beradaptasi dengan motor Ducati dan bagaimana dinamika tim akan berkembang dengan kehadirannya.

Ducati sendiri telah menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah kesuksesan mereka dalam musim 2022-2023. Gelar juara dunia yang diraih oleh Francesco Bagnaia memberikan pabrikan Borgo Panigale itu sorotan positif. Prestasi gemilang tersebut meningkatkan reputasi Ducati di dunia MotoGP, dan kehadiran Marquez di tim diharapkan akan menambah daya tarik dan persaingan yang semakin sengit di lintasan.

Keberhasilan Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP tidak hanya menciptakan sejarah dengan prestasi individunya, tetapi juga mematahkan mitos yang melekat pada nomor 1 di balapan kelas utama. Selama ini, tidak ada pebalap yang mampu mempertahankan gelar juara dunia dengan menggunakan nomor tersebut, membuat pencapaian Bagnaia semakin istimewa.

Menjelang musim depan, Claudio Domenicalli, CEO Ducati Corse, nampaknya masih memiliki keyakinan besar pada Bagnaia. Dengan menyebutnya sebagai pebalap asal Italia, yang membalap untuk tim resmi, Domenicalli merasa terdapat empati khusus terhadap Bagnaia. Meskipun demikian, Domenicalli tidak menutup kemungkinan Marc Marquez bisa menjadi pesaing serius dalam perebutan gelar juara.

"Saya memilih Pecco: dia orang Italia, dia membalap di tim resmi, dan bersamanya ada empati khusus. Tetapi Marc adalah seorang juara, jika dia cukup bagus untuk pantas mendapatkan gelar tersebut, kami akan senang. Dia pasti akan berjuang sampai akhir untuk Kejuaraan Dunia," tambah Domenicalli, mencerminkan keyakinannya pada potensi dan semangat persaingan di MotoGP musim mendatang.