Kemungkinan Marc Marquez Kembali ke Honda

Alberto Puig enggan memberikan tanggapan langsung terkait harapan Marc Marquez untuk kembali membalap bersama tim Repsol Honda di masa mendatang.

Alberto Puig enggan memberikan tanggapan langsung terkait harapan Marc Marquez untuk kembali membalap bersama tim Repsol Honda di masa mendatang.

Pembalap Repsol Honda MotoGP Marc Marquez dari Spanyol berbicara saat konferensi pers jelang Grand Prix MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, pada 12 Oktober 2023. Foto oleh Sonny Tumbelaka/AFP—Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Alberto Puig, manajer Repsol Honda, mengungkapkan bahwa pada tahun 2025, masa depan Marc Marquez bersama tim masih menjadi pertanyaan besar. Puig menekankan bahwa fokus utama Honda saat ini adalah meningkatkan performa motor.

Puig menyampaikan bahwa keputusan terkait kontrak Marquez dengan Repsol Honda untuk musim 2025 belum dapat dipastikan. Sebagai gantinya, prioritas utama Honda saat ini adalah melakukan pengembangan dan peningkatan pada sektor kinerja motor, menggambarkan bahwa tim sedang memusatkan perhatian pada aspek teknis untuk meraih hasil yang lebih baik di lintasan balap.

Marc Marquez, pebalap berprestasi dengan delapan gelar juara dunia MotoGP, mengumumkan pada pertengahan tahun ini bahwa ia memutuskan berpisah dengan tim Repsol Honda setelah menjalin kerjasama selama 11 tahun. Keputusan kontroversial tersebut membuka babak baru dalam karier balap Marquez.

Setelah berpisah dengan Honda, Marc Marquez memutuskan untuk bergabung dengan Gresini Racing untuk musim MotoGP 2024. Gresini Racing sendiri merupakan tim satelit yang bermitra dengan pabrikan Ducati. Langkah ini menunjukkan ambisi Marquez untuk tetap bersaing di puncak dan mencapai kesuksesan baru dengan motor Ducati.

Marc Marquez dari Gresini Racing MotoGP berkompetisi pada Tes MotoGP di sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol Foto oleh Pablo Morano/Getty Images

Masa depan Marc Marquez di dunia MotoGP semakin menarik perhatian setelah pengumuman kepindahannya ke Gresini Racing untuk musim 2024. Dengan kontrak yang akan berakhir pada tahun tersebut, Marquez akan menjadi free agent di tahun 2025, membuka peluang bagi banyak tim untuk merekrutnya.

Beberapa tim papan atas, seperti Ducati dan Aprilia naksir Marc Marquez, menjadi dua tim yang sering disebut-sebut dalam rumor-rumor seputar masa depan Marquez. Keputusan tim mana yang akan mendapatkan jasa pebalap berbakat ini akan menjadi sorotan utama di dunia MotoGP, dan penggemar balap dunia akan menantikan pengumuman resmi mengenai langkah selanjutnya bagi Marquez.

Marc Marquez, dalam momen perpisahannya dengan fans di awal bulan ini, mengungkapkan keinginannya untuk tetap membalap bersama Honda di masa depan. Pengakuan ini menciptakan atmosfer misteri seputar nasibnya di tahun-tahun mendatang, apakah kembali ke Honda atau melanjutkan perjalanan balapnya dengan tim lain.

Pernyataan tersebut memicu spekulasi dan menimbulkan pertanyaan tentang negosiasi di belakang layar antara Marquez dan Honda. Penggemar MotoGP akan tetap waspada terhadap perkembangan ini, karena keputusan Marquez untuk tetap bersama Honda atau mengejar tantangan baru akan menjadi cerita menarik di dunia balap motor.

Alberto Puig enggan menanggapi secara langsung terkait harapan Marc Marquez untuk kembali membalap bersama tim Repsol Honda di masa depan. Puig menekankan bahwa fokus utama Honda saat ini adalah meningkatkan performa motor mereka agar dapat bersaing secara kompetitif di ajang MotoGP.

Marc Marquez dari Spanyol dan Tim Repsol Honda berbicara dengan Alberto Puig di grid Sprint MotoGP SHARK Grand Prix de France di Sirkuit Bugatti pada 13 Mei 2023 di Le Mans, Prancis. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Menurut Puig, niat Honda saat ini adalah kembali memiliki motor yang kompetitif seperti beberapa tahun yang lalu. Hal ini mencerminkan tekad Honda untuk mengatasi tantangan dan memperbaiki kinerja mereka di lintasan balap. Peningkatan performa motor menjadi prioritas utama sebagai langkah awal untuk mencapai hasil yang lebih baik di kejuaraan MotoGP.

Meskipun Marquez menyatakan keinginannya untuk tetap bersama tim Repsol Honda di masa depan, kenyataannya masih harus dinilai seiring berjalannya waktu. Fokus pada pengembangan motor menjadi langkah awal yang diambil Honda untuk mencapai kesuksesan di dunia balap motor kelas tertinggi.

Alberto Puig tak ingin berspekulasi tentang kemungkinan masa depan Marc Marquez akan kembali ke tim Repsol Honda, ia hanya ingin fokus pengembangan motor. Puig mengungkapkan hal ini dalam wawancara dengan Marca, di mana ia menyatakan bahwa Honda perlu kembali memiliki motor yang kompetitif seperti beberapa tahun yang lalu.

Dalam konteks perencanaan ke depan, Puig menjelaskan bahwa langkah pertama yang diambil adalah fokus pada pengembangan motor sepanjang musim dingin dan musim balapan di tahun 2024. Tim akan memperhatikan bagaimana motor yang dimiliki dapat ditingkatkan, dan bagaimana para pebalap dapat bekerja dengan motor tersebut. Pada pertengahan musim mendatang, tim akan mengevaluasi posisi dan kinerja mereka dalam persaingan.