Motor Aprilia untuk Miguel Oliveira

Massimo Rivola bersama ayah Miguel Oliveira, Paulo, telah mengonfirmasi penggunaan spesifikasi motor Aprilia untuk tim satelit Trackhouse Racing.

Massimo Rivola bersama ayah Miguel Oliveira, Paulo, telah mengonfirmasi penggunaan spesifikasi motor Aprilia RS-GP24 untuk tim satelit Trackhouse Racing.

Miguel Oliveira dari Portugal dan Tim MotoGP RNF berbicara dengan mekaniknya selama Tes Resmi MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 08 November 2022 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Miguel Oliveira tampaknya akan mendapatkan motor pabrikan Aprilia untuk musim MotoGP 2024. Kabar ini mencuat setelah Aprilia dikabarkan mencapai kesepakatan dengan Trackhouse Racing, tim satelit yang akan menampung Oliveira. Informasi ini berasal dari laporan Speedweek yang mengungkap bahwa CEO Aprilia, Massimo Rivola, bersama ayah Miguel Oliveira, Paulo, telah mengonfirmasi penggunaan spesifikasi motor pabrikan untuk tim satelit tersebut.

Dengan kesepakatan ini, Oliveira diharapkan dapat bersaing dengan mesin yang sama dengan pembalap-pembalap utama Aprilia, seperti Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Hal ini menunjukkan bahwa Aprilia memberikan dukungan maksimal terhadap Tim Trackhouse Racing dan keinginan Oliveira untuk bersaing di level tertinggi MotoGP.

Trackhouse Racing, sebagai tim baru di ajang MotoGP, memasuki panggung balap motor dengan penuh ambisi. Mereka mengambil alih slot yang sebelumnya ditempati oleh tim RNF dan menjadi tim satelit Aprilia. Pemilik Trackhouse Racing, Justin Marks, secara terbuka menyatakan niatnya untuk menggunakan motor pabrikan Aprilia dalam kampanye MotoGP mereka.

Keputusan untuk memberikan spesifikasi motor pabrikan kepada tim satelit merupakan langkah signifikan, dan hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan Aprilia terhadap potensi Trackhouse Racing, serta pembalapnya, Miguel Oliveira. Dengan dukungan penuh ini, Miguel Oliveira diharapkan dapat tampil maksimal dengan motor pabrikan Aprilia RS-GP24 dalam beberapa pekan pembuka musim 2024.

Keberhasilan Trackhouse Racing dan Oliveira akan menjadi sorotan, mengingat mereka harus berkompetisi dengan tim-tim yang telah lama berada di MotoGP. Namun, semangat baru dan dorongan dari Aprilia dapat menjadi kunci kesuksesan mereka di lintasan balap yang sangat kompetitif ini.

Persiapan Miguel Oliveira untuk musim MotoGP 2024 semakin menarik perhatian. Pembalap asal Portugal ini akan membentuk duet yang menjanjikan dengan Raul Fernandez di tim Trackhouse Racing. Apa yang membuat situasi ini semakin menarik adalah penggunaan motor yang akan digunakan oleh kedua pembalap tersebut.

Raul Fernandez diawali dengan menggunakan Aprilia RS-GP23 pada awal musim, yang merupakan motor yang digunakan dalam musim balap sebelumnya dengan spesifikasi mesin 2024. Namun, menurut laporan dari Speedweek, Fernandez tidak akan terus menggunakan motor tersebut. Sebaliknya, ia akan beralih ke motor RS-GP24 setelah beberapa waktu.

Sementara itu, Miguel Oliveira akan mendapatkan kehormatan untuk memulai musim dengan menggunakan motor RS-GP24 sejak awal. Ini menunjukkan bahwa Aprilia memberikan kepercayaan penuh kepada Oliveira dengan memberikannya motor pabrikan terbaru mereka. Dengan kombinasi dua pembalap yang berpotensi dan dukungan dari motor pabrikan terkini, Trackhouse Racing diharapkan dapat memberikan performa yang memukau di lintasan MotoGP musim depan.

Miguel Oliveira dari Portugal dan Tim RNF MotoGP mengendarai motor Aprilia barunya saat Tes Resmi MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 08 November 2022 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Keterlibatan Aprilia dalam memberikan dukungan kepada tim satelit Trackhouse Racing menandai kerjasama yang saling menguntungkan di dalam dunia MotoGP. Massimo Rivola, Bos Aprilia, menunjukkan sikap terbuka dan kolaboratif dengan menyatakan kesiapannya untuk membantu Trackhouse. Pemahaman Rivola terhadap nilai data tambahan yang dapat diperoleh oleh tim satelit menjadi faktor penting dalam keputusannya untuk memberikan dukungan ini.

Keputusan ini juga dilihat sebagai langkah positif dalam memperkuat sinergi antara tim pabrikan dan tim satelit. Pembalap-pembalap utama Aprilia, seperti Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, diharapkan juga akan mendapatkan manfaat dari data tambahan yang dihasilkan oleh performa Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di tim Trackhouse Racing.

Meskipun prospek kerjasama ini terlihat cerah, Oliveira akan menghadapi tantangan pada awal musim 2024. Pembalap asal Portugal ini dihadapkan pada long lap penalty di seri pembuka di Qatar. Sanksi ini merupakan dampak dari insiden yang terjadi dalam sprint race terakhir pada musim sebelumnya. Kendati demikian, Oliveira akan berusaha mengatasi kendala ini dan fokus pada pencapaian positif sepanjang musim yang akan datang.