Pertamina Jadi Sponsor Tim VR46

Gianluca Falcioni, CEO VR46 Racing Team, gembira bekerja sama dengan perusahaan Indonesia yakni Pertamina Lubricants.

Gianluca Falcioni, CEO VR46 Racing Team, gembira bekerja sama dengan perusahaan Indonesia yakni Pertamina Lubricants.

Marco Bezzecchi dari Italia dan Mooney VR46 Racing Team berkendara saat Balapan Grand Prix MotoGP Pertamina pada 15 Oktober 2023 di Lombok, Indonesia. Foto oleh Mas Agung Wilis/Getty Images

Oleh Enjang Pramudita

Keputusan mengejutkan datang dari Pertamina Lubricants yang resmi menjadi sponsor utama untuk VR46 Racing Team dalam ajang MotoGP, kasta tertinggi dalam dunia balap motor. Perusahaan pelat merah tersebut telah menandatangani kesepakatan sponsorship selama tiga musim, yang berlangsung dari tahun 2024 hingga 2026. Dalam kerjasama ini, tim balap asal Italia ini akan mengusung nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Kerjasama ini menjadi langkah ambisius dari Pertamina Lubricants untuk meningkatkan kehadirannya di kancah balap motor dunia. MotoGP, sebagai panggung utama balap motor, menawarkan eksposur global yang sangat luas dan menjadi platform yang strategis untuk memperkenalkan merek serta produk Pertamina Lubricants kepada khalayak dunia.

Dengan bergabungnya Pertamina Lubricants sebagai sponsor utama, VR46 Racing Team yang didirikan oleh legenda balap motor, Valentino Rossi, mendapatkan dukungan finansial yang signifikan. Sponsorship ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif dalam persiapan dan performa tim selama tiga musim ke depan, serta membawa kolaborasi yang erat antara dunia bisnis dan olahraga balap motor.

Meskipun VR46 Racing Team masuk sebagai pendatang baru di panggung utama MotoGP, tetapi dibalik tim ini terdapat figur legendaris yang tak lain adalah Valentino Rossi. Rossi, yang dikenal dengan julukan "The Doctor," telah mencatatkan dirinya sebagai salah satu pebalap paling sukses dan dihormati dalam sejarah balap motor.

Valentino Rossi membawa pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa dalam dunia MotoGP. Dengan sembilan gelar juara dunia di kelas utama dan sejumlah pencapaian gemilang lainnya, Rossi bukan hanya menjadi ikon balap motor, tetapi juga tokoh yang sangat dihormati di komunitas MotoGP.

Juara Dunia sembilan kali, Valentino Rossi dari Italia, berpose bersama anggota Tim Mooney VR46 saat upacara pensiunnya nomor ikonik 46, jelang Grand Prix Moto GP Italia di trek balap Mugello, Tuscany, pada 28 Mei 2022. Foto oleh Fbertao Monteforte/AFP—Getty Images

Keputusannya untuk mendirikan tim sendiri, VR46 Racing Team, menandai babak baru dalam kariernya di dunia balap. Dengan memiliki tim sendiri, Rossi tidak hanya berkontribusi sebagai seorang pembalap, tetapi juga sebagai pemimpin tim yang bertanggung jawab atas strategi, pengembangan motor, dan pembinaan generasi muda pebalap.

Dengan bergabungnya Pertamina Lubricants sebagai sponsor utama, VR46 Racing Team bukan hanya membawa ekspektasi tinggi dalam menghadapi persaingan di MotoGP, tetapi juga menjadi magnet perhatian bagi para penggemar balap motor di seluruh dunia yang selalu setia menyaksikan setiap langkah legenda hidup ini dalam dunia balap motor internasional.

Valentino Rossi tidak hanya menjadi pebalap yang luar biasa di lintasan, tetapi juga seorang yang peduli akan masa depan balap motor Italia. Pada tahun 2013, ketika masih aktif sebagai pembalap MotoGP, Rossi mendirikan VR46 Riders Academy dengan tujuan mulia untuk membantu pembalap-pembalap muda Italia mencapai puncak kesuksesan dalam dunia balap motor.

Latar belakang berdirinya akademi ini sebagian besar muncul dari kekhawatiran Rossi terhadap dominasi para pembalap Spanyol di MotoGP. Meskipun Rossi sendiri mampu meraih gelar juara dunia pada musim 2008 dan 2009, namun kemudian terjadi dominasi dari pembalap-pembalap Spanyol seperti Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Rossi, dengan hati yang penuh dedikasi, menyatakan bahwa tujuan dari VR46 Academy bukan hanya melahirkan pembalap-pembalap yang cepat di lintasan, tetapi juga membentuk karakter yang baik dan memiliki sikap positif. Dengan mendirikan akademi ini, Rossi ingin memberikan dukungan dan bimbingan kepada para bakat muda Italia agar dapat bersaing di level tertinggi dalam dunia balap motor. Sebuah inisiatif yang tidak hanya menciptakan juara di lintasan, tetapi juga membangun masa depan balap motor Italia secara keseluruhan.

VR46 Racing Team memiliki landasan kuat yang bermula dari VR46 Ranch, fasilitas latihan di Tavullia yang menjadi andalan dari VR46 Riders Academy. Di sinilah, para pembalap muda yang dipandu oleh akademi VR46 tidak hanya dipoles dalam hal keterampilan teknis dan fisik, tetapi juga aspek psikologis mereka dibentuk untuk menghadapi tekanan kompetisi di lintasan.

Pada debutnya dalam ajang resmi, VR46 Academy melangkah ke Moto3 pada tahun 2014 bersama Sky Racing Team by VR46. Romano Fenati, salah satu produk akademi, tampil memukau dengan meraih peringkat kelima dalam klasemen akhir. Keberhasilan ini menjadi pencapaian positif bagi akademi dalam membawa bakat muda mereka ke panggung balap motor dunia.

Tak berhenti di situ, VR46 Academy terus menunjukkan prestasi gemilang. Pada tahun 2017, mereka naik ke kelas Moto2 dengan pembalap muda berbakat, Francesco Bagnaia. Hanya dalam satu tahun, Bagnaia berhasil menyabet gelar juara dunia Moto2 pada musim 2018, membuktikan keunggulan pembinaan dari akademi Rossi.

Puncak kejayaan VR46 Academy tercapai pada musim balap 2020. Luca Marini dan Marco Bezzecchi meraih gelar juara dan runner-up kelas Moto2 bersama tim Sky Racing VR46. Prestasi ini menjadi pencapaian luar biasa, menandai dominasi mereka dalam kategori tersebut.

Menyusul keberhasilan yang konsisten, VR46 Racing Team akhirnya memasuki panggung tertinggi, MotoGP, pada musim balap 2022. Dengan mengusung nama tim Mooney VR46 Racing Team, mereka melangkah ke arena balap paling elit untuk mengukir prestasi baru dan meraih posisi terbaik di dunia balap motor.

Duet pembalap Luca Marini dan Marco Bezzecchi memulai debut MotoGP mereka dengan mengukir performa yang cukup apik, berhasil menempati posisi kedelapan dari 12 tim yang bertanding. Namun, peningkatan signifikan terjadi pada musim MotoGP 2023. Marco Bezzecchi, yang sebelumnya meraih gelar rookie terbaik MotoGP 2022, berhasil mencatatkan prestasi gemilang dengan menempati posisi ketiga dalam klasemen akhir balapan.

Valentino Rossi dari Italia menyambut Marco Bezzecchi (kanan) dari Italia dan Mooney VR46 Racing Team yang bersiap untuk start di grid selama MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 25 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Meskipun Bezzecchi tertinggal 138 poin dari rekan setimnya di VR46, Francesco Bagnaia, yang meraih gelar juara dunia MotoGP 2023, performa apik Bezzecchi memberikan harapan besar untuk musim balap berikutnya. Menatap ke depan, VR46 Racing Team, yang mendapatkan dukungan sponsor utama dari Pertamina Lubricants, akan mengandalkan Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio pada MotoGP 2024. Sementara itu, Luca Marini memutuskan untuk bergabung dengan tim Honda.

Fabio Di Giannantonio, yang menunjukkan penampilan impresif pada beberapa seri terakhir, menjadi salah satu pilar penting bagi Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Dengan total 22 seri balapan di musim depan, tim ini penuh optimisme menghadapi tantangan baru. Werry Prayogi, Direktur Utama Pertamina Lubricants, menyampaikan keyakinan dalam peningkatan prestasi tim dengan melibatkan Fabio dan Marco.

Di pihak pembalap, Fabio Di Giannantonio, yang akrab disapa Diggia, menyatakan kebanggaannya bergabung dengan tim VR46 MotoGP. Baginya, ini merupakan kesempatan luar biasa untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuannya. Dengan keyakinan bahwa mereka dapat mencapai prestasi luar biasa, Fabio dan Marco bersama-sama berkomitmen untuk membuat para penggemar bangga dengan performa mereka di lintasan.

Kerjasama antara VR46 Racing Team dan Pertamina Lubricants menjadi suatu momen bersejarah yang dinanti-nantikan. Gianluca Falcioni, CEO VR46 Racing, menyampaikan kegembiraannya bekerja sama dengan perusahaan Indonesia ini. Menurutnya, kolaborasi ini bukan hanya sebagai bentuk kerjasama strategis antara VR46 dan Pertamina, tetapi juga memiliki dampak positif secara nasional.

Falcioni mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama VR46 bekerjasama dengan perusahaan Indonesia, dan dia merasa senang, bersemangat, serta tidak sabar untuk memulai era baru bersama Pertamina Enduro di tahun mendatang. Ia melihat banyak potensi dalam kerjasama ini, memandangnya sebagai langkah yang penting dan berdampak besar.

Marco Bezzecchi dari Italia dan Mooney VR46 Racing Team memeluk Alessio 'Uccio' Salucci saat balapan MotoGP Gran Premio Michelin de la Rep├║blica Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo pada 02 April 2023 di Rio Hondo, Argentina. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Alessio Salucci, Team Director VR46 Racing Team, menyambut baik kerjasama yang dianggapnya sebagai tonggak penting dalam sejarah tim. Ia merasa terhormat menjalin kerjasama dengan Pertamina Lubricants di dunia motorsport. Dengan sinergi baru ini, keduanya tidak hanya memiliki ambisi yang sejalan, tetapi juga menggabungkan dua fanbase terbesar dan paling setia di MotoGP.

Menatap ke depan, Salucci menyatakan bahwa pada tahun 2024, era baru dalam sejarah VR46 Racing Team di MotoGP akan dimulai. Era ini diharapkan menjadi petualangan penuh kesuksesan, menggambarkan kolaborasi yang kuat dan kesatuan antara VR46 Racing Team dan Pertamina Lubricants.