Pesona Indonesia di MotoGP

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio di tim Pertamina Enduro VR46 Racing berpotensi meraih podium, membawa nama Indonesia di dunia balap motor.

Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio di tim Pertamina Enduro VR46 Racing berpotensi meraih podium, membawa nama Indonesia di dunia balap motor.

Fabio Di Giannantonio dari Italia dan Tim MotoGP Pertamina Enduro VR46 berkendara saat Tes MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Enjang Pramudita

MotoGP, sebagai ajang balap kelas dunia, bukan hanya sekadar kompetisi antarpebalap terbaik, tetapi juga menjadi panggung yang mempromosikan Indonesia di mata dunia. Melalui deretan balapan yang melibatkan para pembalap terkemuka, berbagai aspek unik dan keindahan di Tanah Air menjadi dikenal secara global melalui adu cepat kuda besi ini.

Indonesia, dengan kekayaan budaya, alam, dan tradisi yang melimpah, mendapatkan sorotan internasional melalui kehadiran MotoGP. Balapan di lintasan yang menantang, seperti Mandalika di Pulau Lombok yang memukau, memperlihatkan keindahan alam Indonesia yang eksotis kepada penonton dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, keberadaan tim balap Indonesia di kancah MotoGP, seperti Pertamina Enduro VR46 Racing Team, menjadi simbol kebanggaan bagi negara ini. Keterlibatan pembalap-pembalap berbakat seperti Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio dari tim ini membawa semangat persaingan tinggi dan mengukir prestasi yang dapat mengharumkan nama Indonesia.

Dengan berkembangnya popularitas MotoGP, citra positif Indonesia terus tumbuh. Budaya, kuliner, dan keramahan masyarakat Indonesia terpapar melalui pemberitaan seputar kejuaraan ini, menjadikan MotoGP bukan sekadar arena adu kecepatan, tetapi juga jendela yang membuka dunia untuk melihat dan mengapresiasi keindahan serta keragaman Indonesia.

Dengan jangkauan eksposur yang mencapai berbagai belahan dunia, MotoGP bukan sekadar ajang balap biasa, melainkan juga menjadi sarana promosi yang sangat efektif bagi Indonesia. Sejalan dengan ambisi ini, Indonesia telah kembali mengajukan diri sebagai tuan rumah untuk gelaran MotoGP, suatu pesta balap motor bergengsi yang telah mendunia, dan sukses digelar di Tanah Air pada tahun 2022.

Pertamina, sebagai perusahaan energi nasional yang besar, memegang peran kunci sebagai title sponsor untuk MotoGP Mandalika, yang secara resmi dikenal dengan nama Pertamina Grand Prix of Indonesia. Keberadaan Pertamina tidak hanya sebagai sponsor, tetapi juga menjadi bagian integral dari penyelenggaraan acara, mengukuhkan posisinya dalam mendukung dan mempromosikan MotoGP di Indonesia. Bahkan, sirkuit yang menjadi arena utama balapan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, turut dibranding dengan nama Pertamina Mandalika International Street Circuit, menggarisbawahi kontribusi signifikan Pertamina dalam menyukseskan event tersebut.

Para pebalap MotoGP beraksi saat balapan kualifikasi MotoGP Pertamina Grand Prix Indonesia di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Indonesia pada 19 Maret 2022. Foto oleh Johannes P. Christo/Getty Images

Melalui promosi yang luas dan intens di seluruh dunia, MotoGP Mandalika memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan pesona keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan keramahan masyarakatnya kepada seluruh penjuru planet. Dengan menyatukan kegairahan balap motor dan kekayaan budaya Indonesia, MotoGP bukan hanya menjadi ajang adu kecepatan, melainkan juga panggung megah yang memamerkan potensi dan daya tarik luar biasa dari negeri ini.

Lombok, dengan keeksotisannya, telah meraih pengakuan internasional sebagai destinasi yang menarik. Keberadaan Pertamina Mandalika International Street Circuit, sebagai salah satu sirkuit balap paling indah di dunia, menambah daya tarik pulau ini. Trek yang mempesona ini tidak hanya menampilkan kecepatan dan ketangkasan para pembalap, tetapi juga memperlihatkan keindahan pantai dan lanskap alam yang memukau sebagai latar belakangnya.

Di luar arena balap, Lombok menjadi bagian dari inisiatif pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, menjadikannya destinasi wisata yang menjadi fokus perhatian. Langkah ini sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata baru, bukan hanya bergantung pada popularitas Bali, Yogyakarta, atau Jawa Tengah dengan keajaiban Candi Borobudur di Magelang.

Pentingnya Lombok tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya, melainkan juga sebagai pusat perputaran ekonomi. Gelaran MotoGP Mandalika 2023 menciptakan dampak ekonomi yang signifikan, dengan nilai transaksi mencapai Rp 914 miliar. Jumlah ini mencerminkan kontribusi fantastis dari perhelatan ini terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan menunjukkan potensi besar Lombok sebagai magnet investasi dan pariwisata.

Eksistensi produk Indonesia turut meramaikan sorotan global melalui ajang MotoGP. Pada musim sebelumnya, kampanye Wonderful Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata bahkan mendapat pampang di motor Gresini Racing, menyebarkan pesan keindahan dan keragaman budaya Indonesia ke seluruh dunia.

Tidak hanya itu, musim depan menandai langkah lebih besar dari Pertamina dalam memanfaatkan panggung MotoGP sebagai wadah promosi. Pertamina, melalui Pertamina Lubricant, tidak hanya menjadi title sponsor bagi sirkuit dengan nama Pertamina Mandalika International Street Circuit, tetapi juga merambah sebagai title sponsor tim yang dimiliki oleh legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.

Tim tersebut, yang akan bertanding dengan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team, menandai kolaborasi yang akan berlangsung selama tiga musim, dimulai dari 2024. Dengan kombinasi pembalap Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio, Pertamina Enduro VR46 Racing Team memiliki potensi besar untuk bersaing di puncak dan menembus podium, membawa nama baik Indonesia ke panggung balap motor dunia. Langkah ini juga menciptakan sinergi antara kecanggihan teknologi minyak dan gas serta kecepatan dan ketangkasan di lintasan balap, menciptakan momentum positif bagi promosi produk Indonesia secara global.

Marco Bezzecchi dari Italia dan Mooney VR46 Racing Team serta Marc Marquez dari Spanyol dan Repsol Honda Team berkendara saat Balapan Grand Prix MotoGP Indonesia di Mandalika International Street Circuit pada 15 Oktober 2023, di Lombok, Indonesia. Foto oleh Garry Lotulung/Getty Images

Pada musim sebelumnya, Marco Bezzecchi menorehkan prestasi gemilang dengan meraih tiga gelar juara di MotoGP Argentina, MotoGP Prancis, dan Pertamina Grand Prix of Indonesia. Sementara itu, rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, berhasil menjadi juara di MotoGP Qatar. Keberhasilan keduanya meraih podium dan kemenangan dalam beberapa balapan menjadi magnet perhatian global bagi Pertamina Enduro.

Ketika dua pembalap tersebut secara konsisten tampil di podium atau meraih kemenangan, sorotan internasional akan semakin tertuju pada Pertamina Enduro. Kombinasi prestasi gemilang pembalap, dukungan dari nama besar Valentino Rossi sebagai pemilik tim, dan popularitas fanbase The Doctor di seluruh dunia akan memberikan eksposur yang maksimal.

Pada akhir musim MotoGP 2023, VR46 Racing Team berhasil menempati posisi ketiga dalam klasemen tim dengan mengumpulkan total 530 poin. Prestasi ini sangat mengesankan mengingat tim tersebut masih tergolong baru, berusia dua tahun. Keberhasilan Pertamina Enduro menjadi bagian dari tim tersebut juga sejalan dengan komitmen produk Pertamina Lubricant, khususnya Pertamina Enduro, yang dihasilkan sesuai dengan standar tertinggi. Oli ini tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen harian namun juga mampu bersaing dalam ajang balap sekelas MotoGP, membuktikan kualitas dan ketangguhannya di tingkat global.