Bezzecchi dan Marquez Tunggangi GP23

Tim independen Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Marc Marquez, dan Alex Marquez menunggangi Ducati Desmosedici GP23 di musim MotoGP 2024.

Tim independen Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Marc Marquez, dan Alex Marquez menunggangi Ducati Desmosedici GP23 di musim MotoGP 2024.

Marco Bezzecchi dari Italia dalam sesi konferensi pers pra-acara Grand Prix Sepeda Motor Australia 2023 di Sirkuit Grand Prix Phillip Island pada 19 Oktober 2023 di Phillip Island, Australia. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Oleh Enjang Pramudita

Meskipun akan menunggangi Desmosedici GP23 di musim MotoGP 2024, Marco Bezzecchi dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team tidak merasa cemas atau khawatir untuk bersaing dengan para pembalap yang menggunakan motor terbaru dari pabrikan Ducati. Bezzecchi, yang merupakan murid dari legenda balap Valentino Rossi, memberikan penegasan bahwa meskipun motor yang digunakannya mungkin tidak termasuk model terbaru, tetapi itu bukanlah suatu hal yang membuatnya kehilangan keyakinan.

Pentingnya bagi Bezzecchi adalah bagaimana ia bisa mengoptimalkan performa Desmosedici GP23 dan menyelaraskan gaya balapnya dengan karakteristik motor tersebut. Meskipun beberapa pembalap dapat memiliki keuntungan dengan menggunakan model terbaru, Bezzecchi yakin bahwa keahliannya dan kemampuannya untuk beradaptasi akan menjadi faktor kunci dalam mencapai hasil yang positif.

Dalam dunia MotoGP yang penuh dengan persaingan ketat, Bezzecchi menyadari bahwa aspek psikologis dan kepercayaan diri memainkan peran penting. Oleh karena itu, sikap percaya diri dan fokus untuk menghadapi setiap tantangan dengan maksimal menjadi prioritasnya. Dengan berbekal pengalaman dan keterampilannya, Bezzecchi siap menghadapi musim baru dengan semangat kompetitif yang tinggi.

Dalam distribusi motor Ducati untuk musim MotoGP 2024, Ducati tradisionalnya memberikan empat motor terbaru dengan spesifikasi pabrikan kepada tim Ducati Lenovo dan Pramac Ducati. Namun, untuk tim independen seperti VR46 Racing Team dan Gresini Racing, mereka mendapatkan jatah motor dengan edisi setahun lebih tua.

Dengan kebijakan ini, pembalap seperti Francesco Bagnaia, Enea Bastianini, Franco Morbidelli, dan Jorge Martin akan menunggangi Ducati Desmosedici GP24 yang merupakan model terbaru dengan teknologi dan spesifikasi paling mutakhir. Sementara itu, Marc Marquez, Alex Marquez, Marco Bezzecchi, dan Fabio Di Giannantonio akan menunggangi Ducati Desmosedici GP23 di musim MotoGP 2024.

Marc Marquez dari Spanyol dan Gresini Racing MotoGP melewati tikungan saat Tes MotoGP di Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Pembagian ini memberikan dinamika unik dalam persaingan, di mana tim-tim akan berusaha mengoptimalkan performa mesin dan mencari keunggulan kompetitif dengan model motor yang mereka miliki. Meskipun menggunakan motor dengan spesifikasi tahun sebelumnya, pembalap di tim independen seperti VR46 Racing Team dan Gresini Racing tetap memiliki potensi untuk bersaing dan meraih hasil positif di setiap seri balapan.

Marco Bezzecchi, pembalap dari tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, menunjukkan sikap optimisnya menghadapi musim MotoGP 2024 meskipun menggunakan Desmosedici GP23, motor dengan spesifikasi satu tahun lebih tua. Bezzecchi secara tegas menyatakan bahwa dia tidak merasa khawatir dengan hal tersebut. Bagi Bezzecchi, kesiapan dan keyakinan dalam menghadapi kompetisi adalah kunci utama.

Dalam pernyataannya, Bezzecchi menegaskan bahwa dia siap menghadapi persaingan di lintasan balap. Hal ini didasarkan pada performa ciamik Desmosedici GP23 selama musim sebelumnya, yakni pada tahun 2023. Keyakinan Bezzecchi tampaknya didukung oleh prestasi positif motor tersebut dalam berbagai kondisi dan lintasan, memberikan harapan bahwa Desmosedici GP23 tetap menjadi kendaraan yang kompetitif di gelaran MotoGP 2024.

Dengan sikap optimisnya, Marco Bezzecchi menunjukkan tekad untuk bersaing secara maksimal di setiap balapan dan membuktikan bahwa performa pembalap juga turut berperan penting dalam meraih hasil yang memuaskan, bahkan dengan menggunakan motor yang tidak termasuk dalam kategori terbaru.

Marco Bezzecchi menaruh harapan besar untuk bisa bersaing merebut gelar juara di musim MotoGP 2024, meskipun dia akan menunggangi Desmosedici GP23 yang bukan motor terbaru dari Ducati. Meski demikian, Bezzecchi merasa yakin bahwa performa Desmosedici GP23 akan tetap impresif, terutama pada awal musim.

Dalam keyakinannya, Bezzecchi menyampaikan harapannya untuk bersaing di papan atas dan meraih prestasi gemilang. Dia optimis bahwa Desmosedici GP23 akan menunjukkan performa yang kuat, khususnya di awal musim, memberikan peluang untuk mencetak hasil positif dan meraih kemenangan.

Dengan sikap percaya diri dan tekad yang tinggi, Bezzecchi menunjukkan bahwa meskipun menggunakan motor dengan spesifikasi satu tahun lebih tua, ambisinya untuk meraih gelar juara tetap tidak tergoyahkan. Keterampilan mengemudi dan strategi balap yang matang menjadi kunci utama bagi pembalap asal Italia ini untuk meraih sukses di gelaran MotoGP 2024.

Marco Bezzecchi dari Italia dan Tim MotoGP Pertamina Enduro VR46 berkendara saat Tes MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Prestasi gemilang Marco Bezzecchi pada musim MotoGP 2023 berhasil menarik perhatian banyak pihak. Menempati posisi ketiga di akhir musim dengan mengumpulkan total 329 poin, Bezzecchi meraih tiga kemenangan dan tujuh podium, menunjukkan konsistensi dan ketangguhan dalam persaingan kelas utama.

Meskipun harus mengakui keunggulan Francesco Bagnaia yang menjadi juara dunia MotoGP 2023 dengan selisih 138 angka, Bezzecchi tetap menjadi salah satu pembalap yang sangat dihormati dalam lintasan balap. Pada MotoGP 2024, meski diberi kesempatan untuk bergabung dengan Pramac Ducati, Bezzecchi memilih setia di Mooney VR46 Racing Team, yang kini berubah nama sponsor menjadi Pertamina Enduro.

Keputusan untuk tetap setia dengan tim yang telah mendukungnya adalah langkah yang diambil Bezzecchi, meskipun namanya juga turut dikaitkan dengan minat Pramac Ducati. Pilihan ini mungkin dipengaruhi oleh faktor kepercayaan dan hubungan yang kuat dengan tim Valentino Rossi serta dukungan dari sponsor baru, Pertamina Enduro.

MotoGP 2024 menjanjikan persaingan sengit dalam 22 seri yang akan digelar. Marco Bezzecchi bersama rekan-rekannya di lintasan balap siap memulai perjalanan mereka di musim ini. Seri pembuka akan dilangsungkan di Losail International Circuit, Qatar, pada 8-10 Maret 2024. Ini akan menjadi momen krusial bagi para pembalap, termasuk Bezzecchi, untuk menunjukkan keterampilan dan ambisi mereka dalam meraih kesuksesan di kancah balap motor kelas utama.