Franco Morbidelli Menunggangi Desmosedici GP24

Franco Morbidelli, dalam musim MotoGP 2024 bersama Pramac Racing, akan menunggangi motor terbaru Ducati, Desmosedici GP24.

Franco Morbidelli, dalam musim MotoGP 2024 bersama Pramac Racing, akan menunggangi motor terbaru Ducati, Desmosedici GP24.

Franco Morbidelli dari Italia dan Pramac Racing Team melewati tikungan saat Tes MotoGP di Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Gino Borsoi, Kepala Tim Pramac Ducati, memandang masa depan dengan optimisme tinggi terhadap performa Franco Morbidelli di musim MotoGP 2024. Borsoi melihat potensi besar dalam pembalap yang merupakan murid dari legenda balap, Valentino Rossi.

Alasan utama Borsoi memprediksi Morbidelli "menggila" pada MotoGP 2024 adalah prestasinya sebagai runner-up pada musim 2020. Pada tahun tersebut, Morbidelli menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dengan bersaing di papan atas dan meraih posisi kedua dalam klasemen akhir.

Prestasi gemilang tersebut membuktikan bahwa Morbidelli memiliki bakat dan kualitas yang diperlukan untuk bersaing di level tertinggi MotoGP. Borsoi yakin bahwa dengan dukungan tim Pramac Ducati, Morbidelli dapat meraih hasil yang cemerlang dan menciptakan momen-momen spektakuler di lintasan pada musim mendatang. Harapan tinggi tersebut mencerminkan keyakinan tim terhadap potensi dan keterampilan pembalapnya yang berbakat.

Keputusan Franco Morbidelli untuk beralih tim pada musim MotoGP 2024 menandai babak baru dalam kariernya. Setelah empat tahun menjadi bagian dari tim Yamaha dari 2019 hingga 2023, Morbidelli memilih berpindah haluan dengan merapat ke Pramac Ducati.

Pergantian tim tersebut juga melibatkan posisi yang cukup strategis, di mana Morbidelli akan mengisi tempat yang ditinggalkan oleh Johann Zarco yang memilih hengkang ke LCR Honda. Langkah ini menambah dimensi baru dalam perjalanan Morbidelli di lintasan balap, karena ia akan bekerja sama dengan tim Ducati yang memiliki sejarah panjang dalam ajang MotoGP.

Keputusan Morbidelli untuk bergabung dengan Pramac Ducati tentu didasari oleh pertimbangan strategis dan ambisinya untuk terus berkembang sebagai pembalap. Hal ini juga menciptakan dinamika baru dalam persaingan di MotoGP, dengan harapan Morbidelli bisa memberikan kontribusi signifikan bagi tim barunya.

Dengan kepindahannya ke Pramac Racing untuk musim MotoGP 2024, Franco Morbidelli akan mengemudikan motor paling anyar dari Ducati, yaitu Desmosedici GP24. Motor ini juga akan digunakan oleh rekan satu timnya di Pramac, seperti Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini, yang merumkannya sebagai pembalap Ducati Lenovo.

Desmosedici GP24 merupakan hasil evolusi terbaru dari Ducati dalam upaya mereka untuk mencapai performa dan inovasi yang lebih baik di lintasan balap MotoGP. Dengan bergabungnya Morbidelli ke dalam tim ini, Pramac Racing semakin memiliki kombinasi yang kuat dengan pengalaman dan potensi yang dimiliki oleh para pembalapnya.

Morbidelli akan bersaing di trek dengan motor yang telah diuji coba dan disesuaikan untuk memberikan performa maksimal. Pindah ke Ducati dan menggunakan motor terbaru menandai tantangan baru dalam karier Morbidelli, dan banyak yang menantikan bagaimana dia akan tampil di lintasan dengan motor Desmosedici GP24.

Gino Borsoi penuh keyakinan bahwa Franco Morbidelli akan mencapai performa terbaiknya bersama tim. Meskipun mengalami tantangan selama tiga musim terakhir bersama Monster Energy Yamaha, Borsoi tidak melupakan bahwa Morbidelli pernah bersaing memperebutkan gelar juara MotoGP pada tahun 2020.

"Dengan yakin, saya percaya bahwa Franco akan dengan cepat menemukan jejaknya di dalam tim kami dan tentu saja akan tampil luar biasa dengan menggunakan motor terbaik di lintasan," ujar Gino Borsoi, seperti yang dikutip dari Speed Week pada Selasa (2/1/2024).

Penting untuk diingat bahwa Morbidelli, dengan segala keterbatasan yang dihadapinya belakangan ini, telah membuktikan kemampuannya dengan meraih posisi kuat dalam persaingan juara dunia MotoGP pada tahun 2020. Pindah ke Pramac Ducati menandai awal dari babak baru dalam karier balap Morbidelli, dan tim berharap kerjasama ini akan memberikan hasil yang gemilang di musim mendatang.

Franco Morbidelli, yang pada musim MotoGP 2020 berhasil meraih posisi runner-up dengan mengumpulkan 158 poin, tiga kemenangan, dan lima podium, berada dalam sorotan untuk menampilkan kembali performa apiknya di musim 2024. Pada tahun tersebut, Morbidelli harus merelakan gelar juara kepada Joan Mir dengan selisih hanya 13 poin.

Morbidelli, yang akrab disapa Morbido, diharapkan dapat mengulangi kegemilangan kinerjanya pada tahun 2020 dalam kompetisi MotoGP 2024. Tim Pramac Racing juga berambisi untuk mencapai hasil yang lebih baik dari musim sebelumnya dengan bergabungnya salah satu murid Valentino Rossi ke dalam skuad mereka.

"Dalam dua tahun terakhir, kita belum melihat versi Morbidelli yang sesungguhnya. Saya sangat berharap kita dapat menyaksikan performa yang mengesankan seperti pada 2020 di musim 2024. Kami berharap dapat bersaing untuk meraih podium dan bahkan mencapai prestasi yang lebih besar," ujar Morbidelli.