Mimpi Buruk Fabio Quartararo

Fabio Quartararo hadapi tantangan serius terhadap delapan pembalap Ducati, termasuk Marc Marquez di Gresini, yang disebutnya sebagai "mimpi buruk."

Fabio Quartararo hadapi tantangan serius terhadap delapan pembalap Ducati, termasuk Marc Marquez di Gresini, yang disebutnya sebagai "mimpi buruk."

Fabio Quartararo dari Perancis dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP menyaksikan konferensi pers pra-acara Grand Prix Sepeda Motor Australia 2023 di Sirkuit Grand Prix Phillip Island pada 19 Oktober 2023 di Phillip Island, Australia. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Fabio Quartararo, pembalap Monster Energy Yamaha, menyuarakan kekhawatirannya terkait kehadiran Marc Marquez bersama tim Gresini Ducati dalam ajang MotoGP 2024. Menurut Quartararo, hal ini akan menjadi mimpi buruk dalam persaingan balapan dan berpotensi menjadi masalah serius bagi dirinya.

Melihat Marquez, juara dunia delapan kali, bergabung dengan tim Ducati yang sudah dikenal memiliki performa tangguh, Quartararo merasa persaingan akan semakin ketat dan menantang. Kehadiran Marquez di barisan tim satelit Ducati, Gresini Racing, menambah daya saing dan kompleksitas dalam persaingan di lintasan.

Bagi Quartararo, perlu kesiapan maksimal dan strategi yang matang untuk menghadapi rivalitas yang semakin sengit di musim depan. Komentar tersebut mencerminkan tingkat persaingan yang tinggi di dunia MotoGP dan perasaan para pembalap top yang selalu siap menghadapi tantangan baru untuk meraih sukses di lintasan balap bergengsi ini.

Fabio Quartararo dihadapkan pada tantangan yang semakin berat untuk bisa bersaing dengan Marc Marquez di MotoGP 2024. Situasi ini menjadi lebih kompleks mengingat dominasi tim Ducati dalam balapan MotoGP saat ini.

Ducati sukses menguasai puncak klasemen MotoGP 2023 dengan tiga pembalapnya menempati posisi teratas. Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo menjadi juara, sementara Jorge Martin dari tim Prima Pramac dan Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 menempati posisi ketiga. Keberhasilan mereka dalam meraih posisi puncak klasemen menunjukkan performa luar biasa dari motor Ducati dan kehebatan para pembalapnya.

Fabio Quartararo dari Prancis dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP tampil lurus saat MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 24 November 2023 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Mirco Lazzari/Getty Images

Situasi ini tentu menambah tingkat kesulitan bagi Quartararo yang berusaha mempertahankan atau meningkatkan performa bersama tim Monster Energy Yamaha di tengah dominasi Ducati. Persaingan yang ketat antara pabrikan membuat persiapannya harus lebih matang dan strategis agar dapat bersaing secara kompetitif di musim balapan mendatang.

Ducati tidak hanya mendominasi dalam hal hasil balapan, tetapi juga memiliki jumlah pembalap terbanyak di MotoGP musim ini. Total delapan pembalap bersaing di bawah bendera tim asal Italia tersebut, melibatkan tiga tim satelit, yaitu Prima Pramac, Gresini, dan VR46.

Pernyataan Fabio Quartararo menyoroti potensi masalah yang mungkin dihadapi timnya di musim mendatang. Keberadaan delapan pembalap Ducati, termasuk Marc Marquez yang kini menjadi bagian dari Gresini, dianggap sebagai tantangan serius. Quartararo menyebut Marc Marquez bersama Ducati akan menjadi "mimpi buruk" yang harus dihadapinya. Hal ini mencerminkan tingginya persaingan dan tantangan dalam upaya bersaing di kelas tertinggi MotoGP, terutama mengingat performa impresif yang ditunjukkan oleh pembalap dan tim Ducati dalam beberapa musim terakhir.

Meski Fabio Quartararo menyadari potensi masalah yang akan dihadapi dengan kehadiran Marc Marquez bersama Ducati, juara MotoGP 2021 itu juga merasa senang melihat The Baby Alien beralih ke Gresini Ducati. Quartararo menyampaikan ketertarikannya untuk melihat penampilan Marquez dalam balapan dengan motor baru dari tim tersebut.

"Dengan delapan Ducati di sana, Anda selalu melihat mereka tampil di papan atas. Dari perspektif teknis, akan sangat menarik melihat Marc Marquez mengendarai motor tersebut, termasuk juga rekan setim saya," ungkap Quartararo.

Perpindahan Marquez ke Gresini Ducati menandai akhir dari era panjangnya bersama Repsol Honda, di mana dia telah menghabiskan sebagian besar kariernya sejak debut di kelas premier MotoGP pada tahun 2013. Kontrak satu tahun Marquez dengan tim satelit Ducati menjadi sorotan utama seiring dinamika baru yang mungkin muncul di lintasan pada musim mendatang.