Motor Favorit Valentino Rossi di MotoGP

Valentino Rossi memiliki dua motor balap favorit yang menemani kariernya gemilang di MotoGP.

Valentino Rossi memiliki dua motor balap favorit yang menemani kariernya gemilang di MotoGP.

Sepeda pemenang kejuaraan dunia Valentino Rossi di MotoGP Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana di Sirkuit Ricardo Tormo pada 13 November 2021 di Valencia, Spanyol. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Valentino Rossi, legenda hidup MotoGP, memiliki motor favorit yang menjadi ikon selama sepanjang kariernya di ajang balap motor paling prestisius di dunia. Motor yang mendapat tempat istimewa di hati Rossi adalah Honda NSR500.

Honda NSR500 adalah motor balap dua tak yang diproduksi oleh Honda Racing Corporation (HRC) untuk berkompetisi di kelas 500cc. Motor ini memainkan peran krusial dalam perjalanan karier Rossi, membentuk sebagian dari kisah suksesnya yang luar biasa di dunia balap.

Rossi pertama kali merasakan sensasi mengendarai Honda NSR500 pada tahun 2000, ketika dia pindah ke kelas 500cc setelah meraih gelar juara dunia di kelas 250cc. Kepindahan ke kelas tertinggi ini sekaligus menandai awal kerjasama sukses antara Rossi dan tim Honda. Bersama Honda NSR500, Rossi mengukir sejarah dengan memenangkan gelar juara dunia di musim debutnya di kelas 500cc.

Kecepatan dan ketangguhan Honda NSR500 menjadi salah satu kunci dominasi Rossi di MotoGP pada awal dekade 2000-an. Motor ini tidak hanya menjadi alat bagi Rossi untuk mengukir prestasi luar biasa, tetapi juga menandai era kejayaan Honda di dunia balap motor pada masa tersebut.

Meskipun telah pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021, kenangan akan Honda NSR500 tetap menjadi bagian integral dari perjalanan karier Rossi yang menginspirasi banyak penggemar dan rekan setanah airnya. Motor ini tidak hanya menjadi kendaraan balap, melainkan simbol dari dedikasi, keahlian, dan semangat juang seorang Valentino Rossi di lintasan balap paling bergengsi di dunia.

Valentino Rossi, dalam awal kariernya di kelas premier MotoGP yang saat itu masih dikenal sebagai kelas 500 cc, membawa sebuah motor yang menjadi ikon dalam sejarah balap motor, yaitu Honda NSR500. Rossi menjalani dua musim yang luar biasa dengan motor ini, periode bersejarah yang membentuk fondasi kejayaannya di kelas tertinggi balap motor dunia.

Mengenakan seragam tim Nastro Azzurro Honda, Rossi pertama kali menunggangi Honda NSR500 pada musim 2000. Meskipun musim debutnya di kelas 500 cc, Rossi menunjukkan kelasnya dengan kemampuan mengendarai motor ini dengan penuh bakat. Seiring dengan berjalannya waktu, Honda NSR500 menjadi kendaraan yang menyelaraskan gaya balap agresif Rossi dan mengoptimalkan potensinya di lintasan.

Pembalap 500cc Nasro Azzuro Honda asal Italia, Valentino Rossi, saat Grand Prix Prancis di Le Mans pada 20 Mei 2001. Foto oleh Pierre Lahalle/Getty Images

Pada musim 2001, Rossi dan Honda NSR500 mencatat sejarah yang tak terlupakan. The Doctor meraih gelar juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya dalam kariernya. Kemenangan ini tidak hanya menandai pencapaian pribadi bagi Rossi, tetapi juga mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pembalap terbaik dalam sejarah MotoGP.

Perubahan terjadi pada musim 2002, di mana kelas premier beralih dari 500 cc menjadi MotoGP. Meskipun perubahan ini signifikan, keunggulan Rossi bersama Honda NSR500 tetap terlihat. Keterampilan mengemudi dan keberanian Rossi membawa prestasi gemilang, dan meski saingan semakin berat, dominasinya di MotoGP terus berkembang.

Honda NSR500 bukan hanya sebuah motor balap, melainkan karya seni yang memungkinkan Rossi menari di atas lintasan dan menyajikan pertunjukan tak terlupakan bagi para penggemar MotoGP. Peninggalan Honda NSR500 di tangan Valentino Rossi tetap menjadi simbol ketangguhan dan kejayaan dalam dunia balap motor.

Valentino Rossi memiliki dua motor balap yang menjadi favoritnya selama kariernya yang cemerlang di MotoGP. Salah satunya adalah Honda NSR500, sebuah kuda besi yang memberikan performa luar biasa dan membawa Rossi meraih kemenangan serta gelar juara. Rossi memandang Honda NSR500 sebagai kendaraan yang tidak hanya kuat tetapi juga mampu menyelaraskan gaya mengemudi agresifnya dengan sempurna.

Valentino Rossi dari Italia dan Tim Gauloises Yamaha beraksi selama sesi latihan untuk MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island pada 14 Oktober 2005 di Phillip Island, Australia. Foto oleh Cameron Spencer/Getty Images

Namun, pilihan Rossi tidak hanya terbatas pada Honda NSR500. Pada tahun 2005, dia juga mencintai Yamaha YZR-M1, motor yang memiliki makna khusus dalam karier balapnya. Yamaha YZR-M1 membuktikan keberhasilannya dengan mengantarkan Rossi meraih gelar juara dunia MotoGP untuk kelima kalinya. Kedua motor ini tidak hanya menjadi alat untuk meraih prestasi, tetapi juga bagian dari perjalanan epik seorang pembalap legendaris.

Selama kariernya, Rossi tidak hanya membela tim Honda dan Yamaha, tetapi juga mengendarai motor dari tim lain seperti Ducati dan Aprilia. Fleksibilitasnya dalam beradaptasi dengan berbagai tim dan motor menandai ketangguhannya sebagai seorang pembalap serbaguna.

Prestasi fantastis Valentino Rossi meliputi sembilan gelar juara dunia, dengan tujuh di antaranya diraih di kelas premier MotoGP. Meskipun ia resmi gantung helm pada akhir musim 2021, jejaknya tetap terasa dalam dunia MotoGP melalui kepemilikan timnya, yang terus mengukir cerita baru dalam dunia balap motor. Rossi mungkin telah berpamitan dari lintasan, tetapi warisannya sebagai salah satu pembalap terhebat dalam sejarah tetap hidup dalam setiap sudut sirkuit.