Oliveira dan Fernandez Harapan Aprilia

Musim sebelumnya di bawah harapan, tetapi Massimo Rivola yakin Miguel Oliveira dan Raul Fernandez akan membawa Aprilia kembali ke puncak persaingan.

Musim sebelumnya di bawah harapan, tetapi Massimo Rivola yakin Miguel Oliveira dan Raul Fernandez akan membawa Aprilia kembali ke puncak persaingan.

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez menyaksikan para pebalap di lintasan lurus utama pada Pra-Musim IRTA-Test MotoGP di Mandalika International Street Circuit pada 11 Februari 2022 di Lombok, Indonesia. Foto oleh Steve Wobser/Getty Images

Oleh Anna Fadiah

Massimo Rivola, CEO Aprilia Racing, penuh optimisme menyambut MotoGP 2024 dengan keyakinan tinggi terhadap penampilan duo pembalapnya, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Pasangan pembalap ini diyakini akan tampil luar biasa untuk menebus kegagalan yang mungkin dialami pada MotoGP 2023.

Prestasi pada musim sebelumnya mungkin tidak sesuai harapan, tetapi Rivola yakin bahwa Oliveira dan Fernandez akan membawa Aprilia kembali ke puncak persaingan. Penguasaan kendali yang baik dan potensi keduanya membuat mereka menjadi andalan Aprilia dalam meraih sukses di MotoGP 2024.

Rivola menyatakan keyakinannya bahwa Oliveira dan Fernandez memiliki kemampuan untuk bersaing di papan atas dan memberikan kontribusi besar bagi tim. Harapannya adalah melihat keduanya tampil menggila di lintasan balap, memberikan penampilan yang konsisten, dan menghadirkan hasil positif bagi Aprilia Racing pada musim mendatang.

Pada musim sebelumnya, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez menjadi bagian dari tim satelit Aprilia, CryptoData RNF, dalam gelaran MotoGP 2023. Meskipun di awalnya penuh harapan, penampilan kedua pembalap ini tidak sesuai dengan ekspektasi, bahkan mendapatkan kritikan dari berbagai pihak.

Prestasi di lintasan yang diharapkan mungkin belum tercapai, dan sejumlah kritik menyuarakan ketidakpuasan terhadap performa Oliveira dan Fernandez. Meskipun begitu, Aprilia Racing dan CEO-nya, Massimo Rivola, yakin bahwa keduanya memiliki potensi besar untuk memperbaiki penampilan mereka dan membawa tim ini meraih kesuksesan pada MotoGP 2024.

Proses adaptasi dan pengembangan dengan motor baru serta strategi yang lebih matang diharapkan dapat membantu Oliveira dan Fernandez meraih hasil yang lebih baik pada musim mendatang. Rivola optimis bahwa pengalaman dari musim sebelumnya akan menjadi pembelajaran berharga bagi kedua pembalap, membentuk mereka menjadi kekuatan yang lebih tangguh di kancah balap motor kelas dunia.

Pada akhir musim MotoGP 2023, Miguel Oliveira menemui tantangan yang cukup sulit dengan menempati posisi ke-16 dalam klasemen, mengumpulkan total 76 poin. Sayangnya, pembalap asal Portugal itu tidak mampu mencetak kemenangan atau meraih podium sepanjang musim tersebut.

Situasi serupa juga dialami oleh rekan setim Oliveira, Raul Fernandez, yang harus puas berada di peringkat ke-20. Perolehan poin Fernandez hanya berselisih lima angka dengan Oliveira, menunjukkan bahwa keduanya mengalami performa di bawah ekspektasi pada MotoGP 2023.

Pencapaian ini tentu menjadi catatan yang ingin diperbaiki oleh Oliveira dan Fernandez di musim selanjutnya. Dengan harapan dan tekad baru, keduanya bersiap untuk mengejar hasil yang lebih baik bersama tim satelit Aprilia, CryptoData RNF, pada MotoGP 2024. Massimo Rivola, meyakini bahwa Oliveira dan Fernandez memiliki potensi besar untuk melakukan perbaikan yang signifikan dan mengukir prestasi lebih gemilang di lintasan balap.

Massimo Rivola tidak sepakat dengan kritik yang dialamatkan kepada timnya terkait pemilihan pembalap. Meskipun banyak pihak yang meragukan kehadiran pembalap Aprilia sebagai pembalap papan atas, Rivola memiliki pandangan yang berbeda.

Massimo Rivola dari Italia dan Direktur Olahraga Aprilia menyapa di paddock selama MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Chang pada 29 September 2022 di Buriram, Thailand. Foto oleh Mirco Lazzari gp/Getty Images

"Saya tidak setuju dengan pendapat bahwa tim kami kurang memiliki pembalap yang bagus," ungkap Massimo Rivola, seperti yang dikutip dari Speed Week pada tanggal 4 Januari 2024. Pernyataan ini mencerminkan keyakinan dan dukungan Rivola terhadap Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, yang dipercayakan untuk mengemban tugas di tim satelit Aprilia, CryptoData RNF, pada musim MotoGP 2024.

Dengan keyakinan ini, Rivola dan seluruh tim Aprilia Racing bersiap menghadapi tantangan di musim depan dengan harapan bahwa Oliveira dan Fernandez akan mampu membuktikan kapabilitas mereka dan mengatasi keterbatasan yang terjadi pada musim sebelumnya.

Massimo Rivola melihat keberagaman talenta di timnya dengan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di tim pabrikan serta Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di tim satelit. Rivola yakin bahwa kombinasi talenta yang berbeda ini akan memberikan kekuatan tambahan bagi Aprilia Racing di MotoGP 2024.

"Dalam tim kami, kami memiliki perpaduan talenta yang sangat berbeda, termasuk Miguel dan Raul, yang saya perkirakan akan menjadi lebih kuat musim depan," ungkap Rivola. Keyakinan ini menunjukkan harapan tinggi bahwa Oliveira dan Fernandez dapat menampilkan performa yang lebih baik di musim mendatang.

Selain itu, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez memiliki peluang bersaing dengan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales dalam mencetak hasil positif. Faktor ini semakin diperkuat dengan perubahan nama tim satelit Aprilia Racing, yang kini diberi nama Trackhouse Racing, menggantikan Cryptodata RNF. Perubahan ini memberikan nuansa baru dan harapan yang segar untuk prestasi tim pada musim yang akan datang.